KONSEP>INSPIRASI

Yuk, Renovasi Dapur dalam 5 Langkah Hemat!    

Cukup dengan 5 langkah simpel dan hemat, renovasi dapur di rumah bisa menghadirkan suasana baru yang lebih nyaman agar Anda kembali bersemangat memasak dan mengolah makanan. Berikut 5 ide renovasi sederhana dan hemat namun bisa memberikan tampilan baru yang segar untuk dapur Anda.

  1. Ganti Warna Cat Dinding

Coba warna yang lebih “hidup” seperti biru, kuning, atau oranye agar dapur terkesan lebih fresh. Untuk dapur mungil, sebaiknya hindari penggunaan warna-warna gelap. Jika Anda menginginkan warna yang cerah untuk dapur mungil Anda, pilihlah tone yang cerah namun lembut. Jika Anda punya banyak bukaan atau jendela di dapur, Anda dapat memaksimalkan efek warna dan pencahayaan melalui cat dinding yang berwarna cerah. Jangan lupa sesuaikan juga dengan tema warna interior rumah yang Anda inginkan.

Setelah memilih warna cat, langkah selanjutnya adalah memilih jenis cat. Dinding dapur akan banyak terkena noda-noda dari bahan makanan selama proses memasak. Karena itu sebaiknya Anda dapat menggunakan cat jenis vinyl silk yang setengah mengkilap, tahan gores, tahan gosokan, serta mudah dibersihkan dengan air.

Terakhir, hitung berapa banyak cat yang akan Anda perlukan agar Anda tak membuang-buang biaya untuk cat. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui bahwa 50% luas dinding akan terpakai untuk memasang lemari atau kabinet dan backsplash dapur (area dinding dapur di sekitar wastafel dan penggorengan yang biasa digunakan untuk menyangkal percikan air dan minyak).

Perkiraan Biaya:

Cat tembok interior merk ternama memiliki kisaran harga Rp 200-900 ribu. Agar lebih hemat, langsung beli cat dalam ukuran ember, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Rombak Ubin

Bosan dengan tampilan dinding dapur yang itu-itu saja? Tak ada salahnya menambahkan ubin sebagai aksesori dinding. Tak perlu seluruh dinding, cukup pada backsplash atau area di belakang wastafel. Backsplash bermotif geometris, abstrak, atau corak floral pasti akan menambah semangat Anda memasak serta menyiapkan makanan di dapur.

Jika Anda ingin melakukan perubahan lebih kentara, ganti lantai dapur menjadi parquet atau ubin dengan corak berbeda juga tidak ada salahnya lho. Anda juga bisa membongkar ubin lama, rapikan lantai dengan plester dan bebaskan kreativitas dengan membuat pola sendiri lewat berbagai warna-warni cat menarik membentuk pola tertentu. Memang sedikit repot, namun sekali diutak-atik, perubahan suasana yang dihasilkan akan cukup terasa.

Perkiraan Biaya:

Ubin keramik berukuran 30 x 30 cm dijual dengan kisaran harga  Rp 30-50 ribu. Jika tertarik dengan lantai kayu/ubin parquet yang bukan jati, siapkan budget Rp 150-200 ribu untuk per m2.

  1. Tata Ulang Pencahayaan

Dapur perlu cahaya yang cukup terang meski jangan sampai menyilaukan. Bayangkan apabila lampu dapur kurang terang. Anda pun tak nyaman menyiapkan bahan makanan karena mata cepat lelah.

Pencahayaan yang baik dan merata di dapur membuat memasak dan menyiapkan makanan menjadi lebih nyaman, mudah, menyenangkan, dan yang terpenting, aman. Karena itu, tambahkan lampu selain lampu utama dapur. Coba pasang lampu tambahan di bawah kabinet dapur yang menempel di dinding. Jika Anda memiliki kabinet dengan pintu kaca, lampu sorot di dalam kabinet akan membantu Anda melihat dan menemukan barang yang diperlukan, selain menambah nuansa dekoratif ke dalam dapur Anda. Atau Anda bisa memilih cara paling sederhana, mengganti penerangan utama dengan watt lampu LED yang lebih besar.

Perkiraan Biaya:

Anda bisa mengganti dan menambahkan pencahayaan di dapur dengan biaya di bawah Rp 1 juta. 

  1. Perbaiki Posisi Furnitur dan Peralatan

Cara membuat dapur lebih apik tanpa harus mengeluarkan biaya adalah menata ulang tata letak furnitur dan berbagai peralatan dapur. Anda harus meluangkan waktu dan “tega” menyingkirkan barang atau perabot yang tidak perlu. Coba cek isi lemari kabinet dengan teliti. Perabot yang sudah rusak atau tidak lagi dipakai sebaiknya disingkirkan saja.

            Selanjutnya teliti seluruh ruangan dan pastikan Anda memanfaatkan ruangan dengan lebih efektif.  Gunakan kabinet untuk menyimpan perlengkapan dapur. Manfaatkan bagian belakang pintu kabinet sebagai ruang ekstra untuk penyimpanan. Pasang rak stainless pada bagian belakang pintu kabinet. Jika pintu kabinet cukup besar, Anda bisa memasang hook untuk menggantungkan peralatan memasak yang lebih besar.

 

  1. Ganti Peralatan Dapur

Coba periksa satu-persatu peralatan dapur Anda. Ganti panci yang lapisannya mulai mengelupas atau pisau dapur yang mulai berkarat. Selain untuk kenyamanan saat memasak dan demi kesehatan, peralatan dapur baru juga bisa meningkatkan keindahan dapur, lho.

Perkiraan Biaya:

Dengan biaya Rp 1-2 juta, Anda dapat mendapatkan sejumlah peralatan dapur berkualitas.

Selain renovasi, dapur bisa tampak selalu rapi dan nyaman dengan kebiasaan baik seperti tidak membiarkan panci dan piring menumpuk terlalu lama di sisi bak cuci piring. Terakhir, tepatkan tanaman ukuran mini di pojok-pojok meja dapur. Anda bisa menggunakan tanaman herbal yang lebih bermanfaat seperti oregano, rosemary, atau basil.

 

 

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
Thursday, 16.03.2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu