KONSEP>INSPIRASI

Menghitung Biaya Renovasi Rumah Jelang Hari Raya

Ingin merenovasi rumah sambut hari raya? Cari  tahu memperkirakan kebutuhan biaya renovasi rumah agar Anda bisa mengalokasikan dana tambahan dengan tepat.

  1. Komponen yang digunakan

Mulai menghitung biaya renovasi rumah dengan menghitung bagian mana saja yang akan direnovasi dan komponen yang dibutuhkan. Dari sini Anda akan mengetahui  material yang akan digunakan, serta berapa banyak material yang harus disiapkan untuk renovasi. Masukkan juga perhitungan dana tambahan untuk membeli komponen aksesoris seperti hiasan dinding, atap, dan pernak-pernik kecil lainnya.

  1. Biaya tukang

Upah tukang berbeda setiap daerah, karena itu lakukan survei terlebih dahulu. Anda bisa bertanya pada tetangga untuk mencari tahu kisaran harga sekaligus rekomendasi tukang. Dalam upah tukang, jangan lupa masukkan juga biaya makan harian.

  1. Siasati dengan memanfaatkan barang bekas

Barang bekas tak selalu berarti buruk. Anda bisa memanfaatkan barang-barang seperti kusen, kayu untuk atap, tangga, pintu, jendela, dan lain sebagainya, hasil bongkaran beberapa bagian bangunan yang masih bagus dan di jual kembali. Anda bisa mencari atau meminta rekomendasi dari tukang. Selalu periksa langsung untuk memastikan kualitasnya.

 

  1. Siapkan biaya tak terduga

Setelah mengetahui estimasi biaya untuk renovasi rumah, Anda juga harus tahu bagaimana cara menghitung overhead cost atau biaya tak terduga. Tujuannya agar biaya renovasi rumah nantinya bisa ditekan sehingga tidak terlalu jauh melenceng dari estimasi. Salah satu biaya tak terduga yang wajib Anda siapkan adalah untuk mengantisipasi kinerja tukang yang kurang optimal, apalagi jika Anda tidak bisa mengontrol secara langsung.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
Thursday, 16.03.2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu