KONSEP>INSPIRASI

Memahami 3 Zona Dapur Melalui Triangle Concept  

Desain dapur ideal dirancang berdasarkan triangle concept atau konsep segitiga. Konsep ini mulai dikembangkan pada tahun 1940-an oleh University of Illinois School of Architecture. Selain mengatur arah pergerakan di dapur, konsep segitiga juga digunakan untuk membagi 3 area dapur, yakni:

  1. Storage

Area storage diwakili dengan refrigerator atau lemari pendingin. Ini adalah area yang akan difungsikan sebagai tempat penyimpanan dan termasuk dalam “dapur kering”. Selain kulkas, di area storage Anda bisa menempatkan kabinet untuk menyimpan bahan makanan kering dan rak untuk menyimpan wajan, panci, dan berbagai peralatan masak terutama yang belum sempat atau jarang dipakai. Selain area penyimpanan, segala persiapan memasak seperti memilah bahan masakan dan menyiapkan peralatan masak juga dilakukan di sini.

  1. Cleaning

Sesuai namanya, cleaning dimanfaatkan sebagai area untuk “bersih-bersih”. Area ini termasuk dalam “dapur basah” dan ditandai dengan adanya sink atau bak cuci piring. Selain membersihkan bahan masakan dan peralatan masak, area ini juga digunakan untuk meracik bahan masakan, misalnya mengupas bawang atau memarut kelapa. Perlengkapan dapur yang biasa dijumpai di area cleaning selain bak cuci piring adalah kran air, rak piring basah, wadah sabun cuci piring, serta peralatan memasak antara lain pisau, aneka parutan, food processor, dan talenan.   

 

  1. Cooking

Area ini menjadi “jantung” dapur dan sering disebut sebagai “zona panas”. Berbagai kegiatan memasak, mulai dari merebus, mengukus, menggoreng, hingga memanggang terjadi di area cooking. Tak heran, zona ini ditandai dengan adanya oven atau kompor. Di area ini Anda akan menempatkan kompor dan penghisap asap. Begitu pula dengan panci, wajan, serta spatula. Nah jika Anda memiliki oven atau microwave, letakkan agak jauh dari kompor.

Jadikan area antara zona storage, cleaning, dan cooking sebagai “segitiga pergerakan” di dapur. Penerapan konsep segitiga ini juga dapat mencegah cross circulation atau tabrakan ketika ada lebih dari satu orang yang ada di dapur. Meski konsep ini sudah berusia sekitar 70 tahun lebih, konsep segitiga ini bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan zaman dan gaya hidup yang terus berkembang, termasuk menyesuaikan dengan ukuran dapur rumah masa kini yang cenderung minimalis.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
Thursday, 16.03.2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu