KONSEP>INSPIRASI

Apa Itu Rumah Ramah Anak?  

Anda tentu ingin menciptakan tempat tinggal yang nyaman dan aman, apalagi saat Anda jadi orang tua. Anda tentu ingin menciptakan rumah yang aman dan nyaman, ramah bagi anak-anak. Selain bahan bangunan dan desain rumah ramah anak, ada juga hal lain yang perlu diperhatikan orang tua. Berikut 4 hal yang perlu dicermati agar rumah aman untuk anak:

  1. Pilih furnitur yang “berat” dan atur di tepi ruangan

Anak-anak aktif bergerak dan berlari ke sana kemari di dalam rumah. Karena itu pastikan sebisa mungkin Anda tidak meletakkan furnitur di tengah-tengah ruangan. Selain agar anak tidak menabrak atau tersandung, furnitur yang diletakkan di tepi ruangan atau menempel pada dinding akan membuat ruang di rumah terlihat lebih luas. Hindari furnitur “ringan” atau furnitur dengan kaki yang memiliki tampilan ringkih dengan kaki-kaki panjang dan pilih furnitur “berat” yang lebih stabil untuk mengurangi risiko anak tersandung atau tertimpa furnitur.

  1. Pilih furnitur yang ujung-ujungnya tidak tajam

Orang dewasa saja sering cedera akibat terbentur ujung-ujung furnitur yang tajam, apalagi anak-anak yang aktif berlarian di dalam rumah. Karena itu, hindari furnitur dengan ujung-ujung yang tajam. Jika memungkinkan, gunakan furnitur yang dilapisi kain atau upholstery. Anda pun akan lebih tenang melihat anak-anak bermain di dalam rumah tanpa takut cedera.

  1. Pilih furnitur multifungsi

Dengan kehadiran anak-anak, rumah akan selalu berantakan. Furnitur dan pernak-pernik pun bertambah, mulai dari perlengkapan bayi, perlengkapan makan, mainan, dan perlengkapan-perlengkapan lainnya. Jika tidak disimpan dengan baik, rumah akan berantakan dan anak jadi tidak bisa bermain dengan leluasa. Karena itu gunakan furnitur yang juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Misalnya sofa yang memiliki ruang penyimpanan untuk menyimpan mainan anak agar tak berserakan di ruang keluarga.

  1. Jadikan tangga aman untuk anak

Bila Anda tinggal di daerah perkotaan, tangga jadi salah satu elemen hunian yang hampir selalu ada. Rumah di kawasan urban hampir semuanya dibangun vertikal karena lahan yang mulai terbatas. Agar ramah dan aman untuk anak, perhatikan undakan ketinggian tangga. Idealnya anak tangga maksimal memiliki tinggi 15 - 18 cm untuk step orang dewasa. Jadi usahakan agar anak tangga Anda memiliki tinggi di bawah 18 cm agar anak-anak tak kesulitan dan lebih aman melangkah. Berikan railing dengan sekat vertikal yang cukup rapat dengan untuk mencegah anak terjatuh. Hindari railing horizontal karena anak dapat memanjatnya dan berpotensi membuat anak jatuh.

  1. Gunakan material yang mudah dibersihkan

Anak-anak sangat senang menggambar dan mencorat-coret di mana saja. Hal ini adalah bagian dari proses pembelajaran dalam tumbuh kembang mereka. Namun akibatnya segala macam benda, furnitur, hingga dinding rumah tidak luput jadi sasaran media eksplorasi kreatif mereka. Karena itu, pilih cat dinding yang mudah dibersihkan. Pilih juga furnitur yang bisa dibongkar pasang, contohnya sofa dengan penutup yang bisa dilepas dan mudah dicuci.

Pastikan kamar mandi aman

Anak-anak pasti suka main air. Sayangnya kamar mandi jadi salah satu area potensial terjadi kecelakaan pada anak, terutama bahaya terpeleset. Gunakan tikar anti selip untuk mencegah hal tersebut. Yang tak kalah penting, jangan simpan produk pembersih rumah di kamar mandi untuk mencegah tertelan atau terkena mata. Simpan paket deterjen cair dan pembersih rumah tangga lainnya di penyimpanan tersendiri, sejauh mungkin dari anak-anak. Pastikan benda-benda ini tidak terjangkau dan atau terlihat mereka.

Pastikan rumah Anda ramah anak, aman bagi kesehatan mereka, dan nyaman dihuni dengan membangun menggunakan material dan produk berkualitas terbaik. Pilih semen dengan formula khusus butiran yang lebih halus agar adukan semen lebih mudah dikerjakan dengan kebutuhan air yang lebih sedikit. Aplikasi lebih kuat, padat dan tahan lama, membuat permukaan dinding menjadi lebih halus dan tidak mudah retak rambut. Langkah-langkah di atas akan menjadi investasi yang berharga bagi kesehatan anak Anda dan juga bagi Bumi di masa depan.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
Thursday, 16.03.2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu