KONSEP>INSPIRASI

6 Langkah Menciptakan Ruang Kerja Kreatif di Rumah

Kini banyak kantor menerapkan kebebasan untuk work from home. Meski tentu nyaman bekerja dari rumah, namun kadang Anda malah tak produktif jika bekerja dari rumah. Pastikan Anda punya ruang kerja kreatif agar Anda bisa tetap bisa menyelesaikan tugas dengan efektif sembari menikmati waktu di rumah bersama keluarga. Simak langkah-langkah di bawah ini untuk menciptakan ruang kerja kreatif di rumah Anda.

  1. Tentukan pojok yang diinginkan

Coba lihat sekeliling rumah. Bisa jadi Anda ternyata punya pojok-pojok dalam hunian yang mungkin sebelumnya tidak terpikir untuk Anda sentuh sebelumnya. Ruang kosong di bawah tangga atau pojok tenang di ruang keluarga yang menghadap ke halaman bisa Anda pilih sebagai awal menciptakan ruang kerja kreatif di rumah.

  1. Pilih lampu yang tepat

Selain dapat mempengaruhi mood Anda dalam bekerja, pencahayaan yang tepat dapat memengaruhi proses kreatif, terutama jika Anda bisa memperoleh cahaya alami. Nah bagi Anda yang kurang mendapatkan natural lighting, Anda punya tantangan ekstra untuk memilih lampu yang tepat untuk pojok kreatif Anda. Pilih lampu yang cukup terang namun tidak menyilaukan karena lampu yang terlalu terang justru dapat membuat mata Anda cepat lelah.

  1. Siapkan tempat untuk peralatan kerja

Kesulitan menemukan alat tulis saat akan mulai bekerja bisa membuat Anda enggan bekerja, apalagi kalau pekerjaan Anda berhubungan dengan membuat sebuah karya, seperti menggambar denah atau pola. Karena itu persiapkan rak atau kabinet khusus yang bisa menyimpan semua peralatan kerja agar tidak tercecer. Jika ruang kerja kreatif Anda terbatas, Anda bisa menggunakan floating shelves. “Rak apung” ini dapat dilekatkan di dinding sudut kerja dan pilihan yang tepat untuk menghemat ruang. Anda bisa menaruh buku, folder, hingga foto keluarga di floating shelves.

  1. Pilih furnitur yang nyaman

Karpet yang empuk, bean bag atau bantal yang fluffy, atau kursi, pilih yang ergonomis, dan tidak membuat Anda cepat lelah karena Anda akan duduk dalam waktu lama. Jika Anda nyaman, Anda pun akan makin betah dan produktif bekerja.

  1. Buat inspiration board

Biasa menggunakan Pinterest sebagai sumber inspirasi? Agar tak bosan menatap dinding seharian, manfaatkan dinding di depan meja kerja sebagai real life inspiration board. Anda bisa memasang papan di dinding dan pin atau tempelkan hal-hal yang menambah kreativitas dan semangat kerja, seperti destinasi liburan impian berikutnya.

  1. Siapkan playlist pembuat semangat

Hal terakhir ini memang terlihat simpel, namun sangat penting untuk membantu menunjang produktivitas. Susun playlist berisikan lagu-lagu yang membuat Anda semakin semangat berkarya, pasang dengan volume sedang agar Anda tak terganggu dan tetap fokus bekerja.

Artikel Terkait
Elemen-elemen Penunjang Gaya Industrial pada Hunian
Thursday, 16.03.2017

Dinding bata terlihat, tiang-tiang terpampang, bahkan pipa-pipa saluran AC malang melintang bebas di langit-langit ruangan.

5 Langkah Mudah Agar Sirkulasi Udara Dapur Lancar
Thursday, 16.03.2017

Ada banyak faktor yang mempengaruhi “kesehatan” dapur Anda. Selain faktor kebersihan dapur beserta perlengkapannya

Hunian Sejuk Dengan Tren Warna 2017: Greenery
Thursday, 16.03.2017

Nature never goes out of style. Terinspirasi dari alam, kombinasi warna antara hijau dan kuning atau “Greenery” pun dipilih oleh perusahaan periset warna

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu