DEKOR>INSPIRASI

5 Tips Menata Peralatan Dapur

Sebagai salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah, kebersihan dan kerapian dapur harus selalu dijaga. Masalahnya, ada begitu banyak perlengkapan memasak dan peralatan makan yang tersimpan di dapur. Jika tak rapi dan teratur menyusunnya, Anda bisa  kebingungan saat hendak memasak atau menyiapkan hidangan, misalnya saat mencari gunting untuk membuka kemasan makanan. Hal ini merepotkan dan membuang waktu karena masih banyak kegiatan lain yang bisa Anda lakukan. Agar hal tersebut tak terjadi di dapur Anda, berikut 5 tips menata peralatan dapur agar rapi dan terorganisir agar Anda mudah menemukan perlengkapan memasak atau peralatan makan jika dibutuhkan.

  1. Simpan peralatan makan di satu tempat yang mudah dijangkau

Jika Anda memiliki lemari khusus untuk menyimpan mangkuk, piring, gelas, cangkir, sendok dan garpu, susunlah berdasarkan jenisnya. Mengelompokkan sesuai jenis, fungsi, dan ukurannya akan membuat Anda lebih mudah memilih mana yang akan dipakai. Berikan sekat pembatas di antara wadah alat makan, agar perkakas memasak tidak berantakan. Jangan lupa juga untuk menyimpan kembali peralatan memasak dan perlengkapan makan di tempatnya setelah dicuci.

  1. Letakkan peralatan memasak dan tempat bumbu dalam area yang sama     

Area ini meliputi kompor, oven, dan microwave. Di area ini Anda juga bisa menyimpan berbagai macam wajan, panci, spatula, dan sebagainya. Pastikan juga bumbu-bumbu dapur berada di dekat area ini untuk memudahkan Anda saat memasak. Sebaiknya letakkan bumbu-bumbu dalam wadah berukuran sama agar mudah ditata. Berikan label di setiap toples sehingga Anda tidak perlu bingung sudah mengambil bumbu yang benar atau belum.

  1. Pastikan tempat cuci piring selau rapi dan bersih

Sediakan rak khusus untuk menyimpan sabun pencuci piring, spons, dan sarung tangan karet di dekat wastafel. Selain itu sediakan juga rak piring kecil untuk meletakkan piring basah yang baru saja dicuci sebelum disimpan karena area sekitar wastafel cuci piring rawan menjadi becek. Segera lap ceceran air supaya tidak meninggalkan noda air kering atau kerak. Manfaatkan ruang di bawah wastafel untuk menyimpan produk-produk pembersih dapur. Pastikan ruang ini terkunci agar tidak bisa dijangkau anak-anak.

  1. Membuat kabinet dapur secara custom

Setiap orang memiliki dapur dengan luas dan desain berbeda. Sementara rak dan lemari dapur biasanya memiliki bentuk dan ukuran standar. Anda pun jadi tidak bisa memanfaatkan ruang dapur secara maksimal sesuai kebutuhan. Untuk membuat ruang penyimpanan yang maksimal dan efektif, Anda memerlukan kabinet dapur yang dibuat sendiri. Sebelum memutuskan memesan rak dan lemari custom, perhatikan barang apa saja yang akan diletakkan, ukur dengan seksama ukuran rak yang diperlukan, sesuaikan dengan berapa besar ruangan dapur. Tentukan barang mana yang jarang dipakai dan mana yang sering digunakan. Peralatan yang jarang dipakai sebaiknya diletakkan di rak bagian atas, sementara yang sering dipakai diletakkan di tempat yang mudah dijangkau.

  1. Berikan sentuhan dekoratif

Agar dapur tak terlihat monoton, Anda bisa berkreasi dengan warna-warna untuk perabotan dapur, kitchen cabinet, meja, dan kursi. Warna-warna yang harmonis dan serasi akan membuat dapur Anda lebih segar. Warna kontras pada backsplash (dinding di belakang wastafel) bisa memberikan nuansa segar yang akan meningkatkan mood Anda saat memasak. Jika masih ada ruang tersisa di atas countertop, dinding, atau meja makan, letakkan satu pot tanaman hijau segar agar tampak asri.

Penataan dapur yang tepat akan mempermudah pergerakan Anda selama beraktivitas di dapur. Anda pun bisa lebih efisien waktu saat memasak. Yang harus diingat, kunci dari menjaga kerapian dapur adalah dengan menjaga semua perlengkapan dapur tidak berantakan dan ada di tempatnya.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
Thursday, 16.03.2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
Thursday, 16.03.2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu