DEKOR>INSPIRASI

5 Cara Sulap Dari Garasi Menjadi Ruang Keluarga

Dengan sedikit renovasi dan kreativitas, garasi rumah bisa jadi ruangan yang nyaman untuk dihuni. Berikut 5 tips untuk melakukan mengubah ruang garasi jadi ruang keluarga: 

  1. Persiapkan Ruangan

Pertama-tama ukur luas garasi dan periksa tiap sudut garasi Anda. Setelah yakin luas dan kondisi garasi memungkinkan untuk diubah jadi ruang keluarga, awali perombakan dengan membersihkan ruangan secara menyeluruh. Mulai dari noda tumpahan oli hingga jejak ban pada lantai dan dinding garasi, bersihkan pula segala debu dan sarang serangga di pojok-pojok ruangan. Kemudian keluarkan semua perkakas dan suku cadang kendaraan.

  1. Ganti Lantai dan Dinding

Anda sebenarnya tak harus mengganti lantai garasi yang terbuat dari semen atau beton, cukup tambahkan karpet agar garasi terlihat dan terasa lebih nyaman. Sebagai alternatif, Anda bisa melakukan staining atau mewarnai beton agar tampilannya lebih menarik. Namun bila Anda memang ingin mengganti lantai garasi, pertimbangkan penggunaan lantai kayu atau ubin vinyl. Untuk dinding, sebaiknya aplikasikan cat berwarna netral, seperti putih gading, krem, dan abu-abu untuk memberikan kesan lapang dan supaya lebih mudah dipadupadankan dengan furnitur.

  1. Ganti Pintu, Tambahkan Ventilasi

Pintu garasi biasanya berjenis pintu rel atau pintu sorong ke atas yang terbuat dari besi. Untuk menghilangkan kesan “garasi”, pintu bisa Anda ganti dengan pintu geser (sliding door) atau pintu lipat (folding door) agar terkesan lebih elegan. Hindari penggunaan jenis pintu dengan kaca tembus pandang bila rumah Anda tak berpagar atau garasi Anda dekat dengan pagar rumah. Jika pemasangan jendela tidak memungkinkan, siasati dengan penambahan ventilasi agar sirkulasi udara lancar. Bila dirasa perlu, pasang pendingin ruangan

  1. Tata Ulang Pencahayaan

Beruntung bila posisi garasi memungkinkan Anda memasang pintu kaca atau panel kaca untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup tanpa harus membuka pintu. Jika tidak, atur pencahayaan agar tercipta suasana yang terang namun hangat, bukan remang-remang. Paling aman dan mudah, gunakanlah lampu LED ketimbang lampu fluorescent.

  1. Tata Letak Furnitur

Bila ukuran garasi tidak terlalu luas, hindari mengisi  ruangan dengan sofa dan meja berukuran besar. Sesuaikan ukuran perabotan dengan luas garasi. Sofa bisa Anda siasati dengan penggunaan bean bag yang lebih santai dan nyaman. Hindari kelebihan barang agar garasi yang kini berfungsi sebagai ruang keluarga nyaman ditempati.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
Thursday, 16.03.2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
Thursday, 16.03.2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu