DEKOR>INSPIRASI

4 Tips Menata Rumah Saat Ramadan  

Di bulan Ramadan ini tidak ada salahnya menata rumah agar menambah kekhusyukan menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, persiapkanlah semua mulai dari kebersihan, kerapian dan dekorasi rumah. Ini dia tips mempersiapkan rumah menjelang bulan Ramadan:

  1. Atur ulang penataan rumah

Jika selama ini Anda merasa terganggu dengan peletakan beberapa furnitur, sekaranglah waktu merapikannya. Eksplorasi sudut rumah untuk mencari penempatan yang lebih tepat untuk furnitur dan aksesori. Pastikan ketika menata ulang Anda sudah mengukur dan memilih ukuran furnitur dan pernik yang cocok untuk ruangan. Pilih hanya perabotan atau ornamen yang sesuai agar ruangan tak menjadi penuh.

  1. Gunakan corak Islami

Tak perlu merombak rumah total, cukup memberikan sedikit sentuhan baru. Percantik ruangan dengan meletakkan toples Turki berbahan kristal hijau untuk menyimpan kue kering di atas taplak bernuansa Islami. Permadani Persia juga bisa memberikan sentuhan berbeda seketika di sebuah ruangan. Selain karpet Persia, Anda juga bisa memilih permadani dengan pinggiran warna coklat dengan ukiran hijau dan emas. Permadani bercorak coklat ini selalu tampak baru sehingga Anda tidak perlu repot lagi memikirkan suasana baru di hari raya nanti.  Anda juga bisa memilih aksesoris kaligrafi untuk menambah keindahan interior. Tidak selalu harus diletakkan di mushola dalam rumah, kaligrafi bisa pula ditempatkan di ruang keluarga atau ruang tamu. Tapi jangan sampai salah menempatkan aksesoris kaligrafi. Jika kurang tepat kaligrafi malah dapat mengganggu harmonisasi ruangan.

  1. Permainan warna

Ruang tamu tentu perlu ‘direnovasi' karena di tempat inilah Anda akan menjamu tamu di hari kemenangan nanti. Gunakan cat warna krem untuk dinding ruang tamu agar ruangan terkesan lapang namun hangat. Untuk dapur atau ruang makan coba terapkan warna cerah seperti hijau limau untuk memunculkan kesan segar dan membuat Anda sekeluarga semangat menyantap hidangan saat buka dan sahur.

 

  1. Siapkan tempat sholat

Bulan Ramadan tentu membuat kita tepat waktu menjalankan ibadah. Siapkan tempat khusus untuk tamu yang datang ke rumah Anda. Jika rumah tidak dilengkapi ruangan kecil untuk sholat, Anda bisa menggunakan salah satu kamar. Sediakan beberapa sajadah, sarung dan mukena bersih serta rapikan tempat tidur, karpet, serta perabotan lain di dalamnya.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
Thursday, 16.03.2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
Thursday, 16.03.2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu