DEKOR>INSPIRASI

4 Cara Kreatif Membuat Ruang Bermain Anak  

Dengan kehadiran si kecil, Anda pun mulai berpikir untuk menyiapkan ruang untuk tumbuh kembangnya nanti. Menyiapkan kamar anak saja belum lengkap, Anda perlu membuat ruang bermain untuk anak. Sayangnya lahan hunian Anda yang terbatas tak memberikan Anda kebebasan untuk membuat ruang bermain anak dalam rumah Anda. Jangan bersedih dulu, ada banyak cara kreatif untuk membangun ruang bermain khusus untuk anak-anak Anda sekalipun ruangan yang dimiliki tidak terlalu besar. Lihat 4 cara dari Holcim di bawah ini:

  1. Manfaatkan rak

Siapa sangka rak yang selama ini Anda manfaatkan menjadi tempat penyimpanan buku atau mainan-mainan anak bisa Anda sulap menjadi “dapur impian” untuk si kecil? Rak buku horizontal yang sudah Anda miliki bisa jadi dapur portabel dengan membuat kompor dari kertas hitam yang sudah dilaminating. Gunakan beberapa lakban hitam untuk membuat aksen kompor. Dengan begini Anda bisa menstimulasi imajinasi anak, sekaligus memberi ruang bermain tanpa mengubah tata letak ruangan. 

  1. Pergunakan laci di bawah tempat tidur

Selain sebagai tempat menyimpan mainan, laci atau rak yang terletak di bawah tempat tidur Anda juga bisa Anda manfaatkan sebagai area main anak Anda. Cukup tarik laci dan manfaatkan sebagai “papan permainan”, mulai dari permainan balok hingga menyusun rel kereta api, semua mainan bisa Anda letakkan di sana. Anda juga bisa hanya memasukkan laci kembali ketika sedang tidak digunakan sehingga kamar tidak terlihat berantakan.

  1. Membuat kolam bola

Untuk Anda yang memiliki balita di usia yang aktif dan sedang belajar berjalan atau merangkak, Anda harus selalu sigap mengawasi agar anak tidak berjalan atau bermain di area yang berbahaya. Jika ingin membuat anak Anda tetap aktif namun aman, Anda bisa membuat sendiri kolam bola di rumah Anda dengan memanfaatkan boks bayi Anda. Caranya adalah dengan mengisi boks bayi dengan bola-bola plastik. Selain boks bayi, Anda bisa membeli sebuah kolam plastik kecil untuk diisi dengan bola-bola. Dengan begini Anda bisa lebih tenang mengerjakan pekerjaan rumah tangga karena anak tidak bermain di tempat yang berbahaya.

  1. Bermain congklak di atas karpet

Waktu kecil mungkin Anda sering memainkan permainan ini. Di tengah banyaknya aplikasi permainan melalui gadget modern, teruskan permainan tradisional ini ke anak Anda. Jika Anda dulu lebih bermain congklak di halaman atau jalanan, dengan keterbatasan lahan dan agar anak lebih aman, Anda bisa membuat mainan ‘jadul’ ini di dalam rumah. Anda bisa menggunakan karpet busa bongkar pasang dan susun menjadi pola kotak-kotak khas permainan congklak. Anda juga bisa menggunakan yang pola-pola kotaknya dibuat menggunakan lakban berwarna atau washi tape, selotip dari Jepang yang memiliki beragam motif dan warna. Cukup rekatkan washi tape di lantai dan lepaskan setelah permaina selesai. Washi tape juga bisa Anda gunakan untuk membuat jalur kereta atau arena balap mobil-mobil mainan milik anak Anda.

Pastikan ruang bermain anak aman dan nyaman bagi proses tumbuh kembang dan eksplorasi kreatifnya dengan membangun menggunakan material dan produk berkualitas terbaik. Pilih semen dengan formula khusus butiran yang lebih halus agar adukan semen lebih mudah dikerjakan dengan kebutuhan air yang lebih sedikit. Aplikasi lebih kuat, padat dan tahan lama, membuat permukaan dinding menjadi lebih halus dan tidak mudah retak rambut. Anda dan anak pun bisa menikmati waktu berkualitas bersama di hunian yang aman, nyaman, dan indah.

Artikel Terkait
5 Alasan Pentingnya Lampu Tidur
Thursday, 16.03.2017

Mungkin Anda beranggapan kalau kamar tidur tak perlu memiliki lampu tidur, cukup lampu utama saja

Dinding Bebas Rembes, Bebas Resah Saat Hujan
Thursday, 16.03.2017

Dengan frekuensi hujan yang cukup tinggi seperti sekarang, biasanya akan muncul sejumlah permasalahan di rumah Anda

Periksa 6 Hal Ini di Hunian saat Musim Hujan
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan sudah datang. Belum mempersiapkan hunian menyambut musim hujan? Tidak ada kata terlambat.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu