BANGUN>INSPIRASI

Pengaplikasian 5 Jenis Cat Tembok di Rumah    

Beda jenis cat tembok, maka beda pula tampilannya. Selain memilih warna, Anda pun perlu memahami jenis cat dan tampilan agar bisa Anda aplikasikan dengan tepat di rumah. Cat memiliki tampilan yang berbeda-beda. Ini dipengaruhi oleh kandungan pigmen dan bahan dasarnya. Berikut 5 jenis cat tembok dan cara pengaplikasikannya di rumah.

  1. Flat

Sering juga disebut tipe matte, cat ini akan menghasilkan tampilan doff pada permukaan. Dengan warna yang begitu kuat, cat ini sering diaplikasikan pada plafon dan permukaan-permukaan kurang sempurna, misalnya pada dinding yang kurang rata atau retak. Kekurangannya, tipe flat sulit dibersihkan sehingga tidak cocok untuk ruangan seperti dapur atau kamar anak.

  1. Eggshell

Dengan cat ini, setelah kering Anda akan mendapatkan finishing memberikan sedikit kilap serupa cangkang telur. Jenis cat ini juga sering disebut sebagai  “Satin” dan bisa digunakan pada sebagian besar ruangan di rumah, seperti kamar tidur, ruang keluarga, dan ruang tamu. Eggshell mudah dibersihkan dan bila ingin melakukan pengecatan ulang, Anda tinggal melapisi ulang dengan cat baru. Namun sayangnya cat jenis ini mudah lecet dan mengelupas.

  1. Semi Gloss

Dengan finishing mengkilap yang lembut dan menghadirkan kesan mewah dan elegan, tak heran bila cat jenis ini banyak ditemukan di kafe, restoran casual dining maupun fine dining, bistro atau ruang pameran. Pada hunian, cat semi gloss menjadi pilihan tepat untuk diaplikasikan pada dapur, kamar mandi, dan kamar tidur anak karena mudah dibersihkan dan tidak mudah lecet.

  1. Gloss

Cat jenis ini cocok digunakan untuk kerangka jendela dan pintu karena tidak mudah mengelupas dan paling tahan lama dibandingkan jenis lainnya. Cat gloss juga sering digunakan pada furnitur karena dapat memberikan hasil finishing yang bold dan mengkilap terutama saat terkena cahaya. Namun tampilan mengkilap ini kurang cocok diaplikasikan ke dinding ruangan, karena dapat menyilaukan mata bila terkena pantulan sinar matahari. Selain itu, permukaan dinding yang kurang sempurna akan semakin tampak saat dipulas dengan cat mengkilap.

Nah selain berdasarkan finishing atau tampilan kilaunya, cat juga bisa dibedakan berdasarkan bahan dasar utamanya. Ada dua bahan dasar utama cat: akrilik yang berbahan dasar air (water-based) atau alkyd yang berbahan dasar minyak (oil-based).

Cat akrilik atau lateks adalah cat yang paling sering digunakan dalam sebagian besar proyek pengecatan karena cepat kering, mudah dibersihkan, dan aromanya tidak terlalu kuat. Akrilik cocok digunakan di hampir di semua permukaan, terutama dinding. Sedangkan cat alkyd yang berbasis minyak kering lebih lama, meninggalkan aroma yang tajam, dan cenderung memberikan tampilan mengkilap. Alkyd biasa digunakan untuk permukaan yang kasar, termasuk lantai, dan beragam furnitur.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
Thursday, 16.03.2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
Thursday, 16.03.2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu