BANGUN>INSPIRASI

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi. Semakin besar jendela, semakin banyak sinar matahari yang bisa masuk. Kini, jendela besar yang terbentang dari lantai hingga langit-langit cukup banyak digunakan di rumah tinggal. Jendela besar bahkan menjadi aksen wajib pada rumah minimalis.

Jendela besar akan sangat bermanfaat jika kamar tidur Anda menghadap ke Barat atau Timur. Bila rumah Anda kebetulan tidak menghadap ke arah Barat atau Timur, Anda tetap bisa mendapat banyak manfaat dari jendela besar. Salah satu ruangan tempat Anda bisa mengaplikasikan jendela berukuran besar adalah di ruang tidur. Nah sebelum memasang jendela besar di kamar tidur, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.

  1. Gorden

Siapkan gorden yang dapat menutupi jendela. Bila perlu, siapkan dua lapis gorden. Sebaiknya hindari blinds atau penutup jendela sejenis kerai yang tidak dapat ditutup rapat. 

  1. Cara Membuka Jendela

Jika kamar terhubung dengan balkon atau beranda, Anda bisa menggunakan jendela geser yang bisa berfungsi seperti pintu, baik dengan engsel atau jenis lainnya. Selain itu, sebaiknya jendela dirancang agar tidak dapat dibuka dari luar.

  1. Perhatikan Sirkulasi Udara

Jika Anda memerlukan sirkulasi udara, pilih desain jendela yang memungkinkan Anda membuka sebagian jendela tanpa harus membuka gorden.

  1. Alasan Keamanan

Cermati dengan baik material kaca untuk jendela, apalagi jika ada anak kecil di rumah Anda. Desain jendela dengan banyak kisi atau dilengkapi teralis juga bisa jadi alternatif.

  1. Atur Posisi Tempat Tidur

Pindahkan tempat tidur ke dekat jendela. Ini cara terbaik untuk terbangun dengan cahaya alami, juga sangat baik untuk pemulihan saat sedang bed rest.

  1. Jaga Privasi

Lindungi privasi Anda dan keluarga tetap terjaga. Pastikan tidak ada celah tersisa saat Anda menutup gorden. Di sisi lain, jika kamar Anda bertempat di lantai dua, Anda akan bisa menikmati “tambahan” pemandangan sekeliling rumah. Namun hargai dan hormati juga privasi para tetangga Anda.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
Thursday, 16.03.2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Bebas Drama Membangun Rumah Bersama
Thursday, 16.03.2017

Membangun rumah bersama pasangan adalah salah satu tahapan penting dan romantis dalam hidup.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu