BANGUN>INSPIRASI

5 Langkah Membuat Kamar Anak Ramah Lingkungan  

Green living alias hidup ramah lingkungan harus dimulai sejak dini. Ajarkan kebiasaan ramah lingkungan pada anak dengan membuat kamar yang ramah lingkungan dan hemat energi. Berikut 5 langkah sederhana untuk menciptakan kamar anak yang ramah lingkungan:

  1. Gunakan lampu LED

Lampu adalah salah satu elemen penting dalam kehidupan di rumah. Lampu bisa membuat rumah terasa lebih aman, nyaman, bahkan bisa mempengaruhi suasana hati. Namun sekitar seperempat konsumsi energi di rumah habis digunakan hanya untuk lampu. Jika selama ini Anda menggunakan lampu pijar, ganti segera dengan lampu LED. Lampu LED mampu menghasilkan cahaya yang tidak silau dan tidak menimbulkan distorsi cahaya, sehingga tidak merusak penglihatan anak saat beraktivitas di kamar.  Selain itu, dengan beralih ke lampu LED, Anda akan menggunakan 85% energi lebih sedikit. Lampu LED juga menghemat biaya karena tahan 25 kali lebih lama daripada lampu pijar biasa.

  1. Atur penggunaan AC

Sesuaikan pendingin ruangan dengan besarnya ruangan. Jika luas kamar anak hanya 3×4 meter, Anda bisa menggunakan AC berkapasitas ½ PK. Ajarkan anak untuk tidak selalu menggunakan AC, jadi pasanglah kipas angin pada plafon. Buatlah peraturan, AC hanya boleh digunakan saat tidur malam, sementara saat pagi dan sore hari biasakan membuka jendela. Penelitian WHO menyatakan, sirkulasi udara yang kurang bagus — misalnya karena penggunaan AC yang terus-menerus — memudahkan penularan penyakit di area rumah.

  1. Gunakan cat ramah lingkungan yang aman untuk anak

Cat pada kamar anak menjadi bagian penting dari pertumbuhan anak. Warna dinding yang tepat bisa memberikan kesan lapang, nyaman, mempengaruhi suasana hati, dan mewakili karakter anak. Karena itu, pilih cat yang aman dan ramah lingkungan sangat untuk membantu menjaga kesehatan anak di masa tumbuh dan kembangnya. Cat berbasis air (water-base paint) adalah jenis cat pilihan terbaik karena lebih aman dibanding menggunakan cat dengan thinner. Cat dengan bahan dasar air tidak memiliki kandungan zat kimia berbahaya seperti VOC (Volatile Organic Compounds) yang terkandung pada thinner atau zat kimia berbahaya lainnya seperti timbal dan merkuri. Uap VOC bisa menimbulkan gangguan kesehatan ringan seperti seperti mata pedas, kulit perih, gangguan saluran pernafasan, atau alergi. Bahkan bila terhirup dalam jangka waktu lama, upa VOC bisa menyebabkan kanker, kerusakan hati, dan gangguan sistem saraf. Selain ramah lingkungan dan lebih aman bagi anak, kelebihan lain cat berbahan dasar air adalah memiliki film flexibility sangat baik. Artinya cat tidak mudah retak ketika terpapar suhu panas maupun dingin karena lapisan cat akan mengikuti perubahan suhu.

  1. Gunakan furnitur ramah lingkungan

Salah satunya, gunakan lemari kayu ramah lingkungan yang mencantumkan eco label sebagai lemari pakaian anak.  Selain itu, ajak anak untuk secara rutin membersihkan bagian atas dan sisi lemari setiap minggu untuk mencegah debu menempel di pakaian anak.

  1. Atur letak ventilasi

Rancang kamar anak dengan ventilasi udara yang baik agar sirkulasi udara berjalan sempurna. Sirkulasi  yang baik bisa mencegah kelembapan dan penyakit berkembang biak sekaligus mengurangi pengunaan penyejuk ruangan. Dengan cara ini Anda bisa mencegah kerusakan lapisan ozon lebih lanjut akibat penggunaan freon berlebihan dari penyejuk udara.

Dengan anak menerapkan hidup ramah lingkungan sejak kecil, salah satunya lewat kamar mereka, Anda telah membiasakan anak untuk peduli dan mencintai lingkungan. Bangun rumah ramah lingkungan dengan membangun menggunakan material dan produk berkualitas terbaik.  

Pilih semen dengan formula khusus butiran yang lebih halus, memiliki kemampuan mengisi rongga dan mengikat sangat kuat sehingga hasil aplikasi semen lebih rapat, permukaan dinding jadi lebih halus, dan minim retak rambut. Kekuatan yang melindungi dari dalam tersebut membuat bangunan menjadi lebih tahan lama. Langkah-langkah di atas akan menjadi investasi yang berharga bagi kesehatan anak Anda dan juga bagi Bumi di masa depan.

Artikel Terkait
Rak Buku untuk Mempercantik Tampilan
Thursday, 16.03.2017

Untuk mengatasi semakin terbatasnya ruang dalam rumah modern, kini sudah sangat banyak ditemukan furnitur yang sekaligus berfungsi sebagai dekorasi

Jendela Besar untuk Kamar Tidur Terang dan Sehat
Thursday, 16.03.2017

Jendela adalah salah satu sumber cahaya alami untuk membangun rumah yang sehat sekaligus hemat energi

Nyaman dengan Kamar Tidur ala Resor
Thursday, 16.03.2017

Musim hujan seperti ini membuat Anda rindu hangatnya matahari dan suasana nyaman di resor.

Rencanakan dengan Jurnal Rumah

Mewujudkan rumah impian Anda
dimulai dari sekarang. Dengan Jurnal Rumah, Anda dapat
merencanakan pembangunan rumah dengan mudah dan lebih terstruktur.

Mulai
Produk

Semen Holcim Serba Guna

Cari Tahu